Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bone, Jumat 21 Februari 2020.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat pimpinan kantor Bupati Bone serta dihadiri oleh Wakil Bupati Bone Drs. H Ambo Dalle, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Mohammad Hasan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone, H. A Pahrum Pawi, Ketua komisi IV DPRD Kabupaten Bone diwakili A. Muh Salam, serta anggota DPRD Kabupaten Bone lainya, dan jajaran Dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Bone, serta Kepala Desa.

Dalam kunjungannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Sulsel beserta rombongan kali ini disambut hangat oleh Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle,M.M.

“Selamat datang, mudah-mudahan dengan kedatangan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Sulawesi Selatan serta rombongan, akan memberikan semangat baru bagi Kabupaten Bone terutama dalam pengolaan perpustakaan dan kearsipan,” kata Wakil Bupati Bone.

Disela sambutan wakil Bupati Bone, beliau juga sedikit menceritakan perpustakaan khususnya di Kabupaten Bone yang tentunya sangat berbeda dengan perpustakaan di daerah lain.

“Perpustakaan didaerah kita itu buka jam 8 pagi sampai jam 11 malam. Di tempat yang lain tidak ada yang buka sampai malam, sore sudah tutup dan itu suatu tanda bahwa masyarakat Bone kuat membaca karena selalu masuk di perpustakaan,” tutur Wakil Bupati Bone.

Untuk tetap menjaga kelestarian aksara lontara di Kabupaten Bone kami memiliki kerja sama dengan Yayasan Ajiep Sekolah Bugis dan Alhamdulillah setiap tahun itu kita menamatkan kurang lebih seratus orang yang berasal dari tenaga pendidik di Kabupaten Bone.

“Tahun ini Kabupaten Bone Kepala Dinas kita mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat (APBN), sebanyak Rp 10 milyar untuk pembangunan gedung perpustakaan, sementara dalam proses tender,” ucapnya.

Selain itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Mohammad Hasan juga menyampaikan apresiasi dalam sambutanya.

Ia mengatakan Kabupaten Bone ini bagian dari bentuk perhatian pemerintah terhadap pengelolaan kearsipan yang ada. Salah satu bentuk perhatiannya Kabupaten Bone ini sudah ada depotnya dan kantornya bagus banget.

Dari 24 Kabupaten Kota yang saya hadiri banyak ruang-ruang kecil yang sudah direnovasi dan itu kelihatan kinerja di sini Kabupaten Bone. Kinerja aparat Dispeka itu sendiri sangat bagus. Tidak hanya itu, Bone juga mengharumkan nama provinsi Sulawesi Selatan, berhasil juara satu tingkat nasional terkait dengan transformasi perpustakaan 2019 lalu.

“Berbicara terkait performans, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dalam kunjungan roadshow ini hanya satu niat. Ingin membangun sinergitas yang kuat terhadap daerah,” tutur Kadispeka Sulsel, Mohammad Hasan.

Sementara Kadispeka Bone Drs.H.A.Pahrum Pawi, M.T.P. mengatakan prestasi yang diperoleh selama ini merupakan tanggung jawab dan hasil kerja bersama seluruh komponen yang ada. Apalagi salah satu tujuan visi Bapak Bupati Bone menjadikan Kabupaten Bone sebagai pusat kebudayaan Bugis.

“Program Menjadikan Bone sebagai Pusat Kebudayaan Bugis di Indonesia menjadi bagian tanggung jawab kami, dengan adanya gedung perpustakaan yang mumpuni, Insya Allah bisa kita capai harapan itu” pungkasnya.