Dispeka, Kamis 09/07/2020,- Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan, S.H., M.H bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kab. Bone dalam rangka peninjauan lokasi pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan.

Dalam rangka peningkatan minat baca masyarakat Bone Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bone akan membangun sebuah Gedung Layanan Perpustakaan yang berlokasi di Lapangan Persibo Jl. Jend. Sudirman.

Moh. Hasan, S.H., M.H mengatakan hal ini akan menjadi percontohan untuk seluruh Sulawesi Selatan, beilau juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. Bupati Bone karena telah membantu mencerdaskan anak bangsa melalui Desa.

Setelah melakukan peninjauan lokasi beliau langsung menuju ke Desa Tea Malala, Kecamatan Ulaweng untuk melakukan penyerahan bantuan secara simbolis.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan masing-masing Desa berupa Buku (150 examplar – 75 Judul), 1 Rak Buku dan 2 Unit komputer kepada 10 Desa yang ada di Kab. Bone, diantaranya :
1. Desa Pude, Kec. Kajuara;
2. Desa Angkue, Kec. Kajuara;
3. Kelurahan Ujung Tanah, Kec. Cenrana;
4. Desa Panyiwi, Kec. Cenrana;
5. Desa Labongnge, Kec. Cenrana;
6. Desa Paccubbe, Kec. Cenrana;
7. Desa Tellongeng, Kec. Mare;
8. Desa Walimpong, Kec. Bengo;
9. Desa Lamakkaraseng, Kec. Ulaweng; dan
10. Desa Tea Malala, Kec. Ulaweng

Menurut Beliau bantuan ini merupakan bagian dari replikasi mandiri program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial Provinsi Sulawesi Selatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat.

Bantuan ini juga merupakan perwujudan dari gagasan dan upaya Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah untuk menghadirkan 2.600 perpustakaan lorong/ Desa dan Kelurahan di Sulawesi Selatan, dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat khususnya di Sulawesi Selatan.

Sebelum meninggalkan lokasi peninjauan Plt. Kadispeka Drs. A. Mappangara, M.M. mengatakan dengan adanya fasilitas Layanan Perpustakaan yang memadai diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di Kab. Bone.